Logo

Logo
ppi wellington logo

Optimisme Prof. Anies Baswedan

Monday, March 21, 2011


Prof. Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina Jakarta mengajak para pemuda Indonesia untuk optimis menatap masa depan Indonesia, dalam diskusi bertajuk "Perkembangan Mutakhir Politik Indonesia", yang diselenggarakan di Ruang Nusantara KBRI Wellington, Selandia Baru, Minggu, 13 Maret 2011.

Dalam diskusi yang dipandu langsung Duta Besar RI untuk Selandia Baru A Agus Sriyono dan dihadiri mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Wellington, Anies Baswedan menyampaikan perkembangan perpolitikan Indonesia saat ini dimana demokrasi di Indonesia tengah menghadapi tantangan cukup besar. Tantangan tersebut antara lain korupsi, anarkisme yang mengatas namakan agama, dan berbagai pelanggaran hukum lainnya yang dikhawatirkan dapat menyebabkan kegagalan demokrasi di Indonesia. Oleh sebab itu, law enforcement, legal reforms dan bureaucratic reforms menjadi sangat krusial.

Di tengah-tengah ancaman terhadap demokrasi, bangsa Indonesia kini tengah menghadapi tantangan lain yang tidak kalah beratnya, yaitu bagaimana dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain dalam dunia yang sudah mengglobal seperti saat ini. Apabila para elit dan rakyat Indonesia masih sering bertengkar demi mengejar keuntungan pribadi, Indonesia bisa digilas oleh bangsa-bangsa lain. Oleh sebab itu, Anies mengajak generasi muda untuk tetap optimis, bekerja keras, dan mengutamakan kepentingan bangsa.

Di masa perjuangan melawan penjajah, para pemuda Indonesia berkumpul di Yogyakarta sebagai ibukota RI untuk mengumpulkan kekuatan dan membuat perubahan. Dari sanalah kemudian berdiri Universitas Gadjah Mada sebagai universitas tertua dan Akademi Militer di Magelang. Anies mengharapkan para pemuda Indonesia yang pada saat ini tengah menuntut ilmu di luar negeri untuk menimba pengalaman sebanyak-banyaknya termasuk pengalaman kerja di luar negeri. Jika tiba saatnya untuk kembali ke tanah air, dapat turut membangun bangsa dan membuat perubahan.

Kunjungan Prof. Anies Baswedan yang didampingi wakil rektor Prof. Wijayanto ke Selandia Baru dalam rangka penandatanganan kerja sama pendidikan Universitas Paramadina dengan Victoria University of Wellington. Duta Besar Agus Sriyono menegaskan bahwa hal ini sejalan dengan salah satu prioritas KBRI Wellington yaitu di bidang pendidikan, selain bidang perdagangan, investasi dan tenaga kerja. Selama kunjungannya di Selandia Baru, Anies Baswedan dijadwalkan berbicara di forum bergengsi New Zealand Institute of International Affairs (NZIIA).

0 comments:

Post a Comment